Minggu, 26 Mei 2013

The Trilogy 11

The Trilogy 11
SHALAT



البـســــــــــم اللّهِ الرَحـمن الرَحَـــــــــــيم




"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, ......." (QS 4:43)

Belum lagi dengan syarat sah-nya shalat, yaitu suci diri, pakaian dan tempat.

Dan sebuah kalimat yang dibaca dalam shalat, ......sesungguhnya shalat-ku, ibadah-ku, hidup dan mati-ku semata-mata adalah karena dan untuk Allah Tuhan semesta alam, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri (muslimin).

Dan kesemuanya itu, kita akan melihatnya sebagai yang saling berhubungan erat dan saling berkaitan........

Suci yaitu bersih lahir-bathin pada diri, pakaian dan tempat saat melakukan shalat.... 

Suci lahir (nyata dan kelihatan) pada diri, pakaian dan tempat adalah ditujukan pada kebersihan dari kekotoran atau najis.

Sedangkan suci bathin (yang tak kelihatan) adalah ditujukan pada hati dan pikiran yang bersih dari keinginan selain kepada Allah semata. Begitupun pada pakaian dan tempat yang bersih karena dan untuk Allah semata.... Jangan pakaian indah-mu yang digunakan untuk shalat membuat riya atau bangga, dan jangan karena shalat di tempat atau masjid aku ato masjid si-anu pun membuatmu lengah dari semata hanya karena Allah.

Janganlah kehidupan dunia memabukkan dirimu dari mencintai Allah semata.

MABUK yang dimaksud Allah bukan hanya karena narkoba atau minuman keras, melainkan juga seperti mabuk CINTA, mabuk JABATAN, mabuk KEKUASAAN, mabuk HARTA, serta MABUK kehidupan dunia lainnya yang dapat melengahkan kamu sehingga tak memahami apa yang kamu ucapkan dalam bacaan shalat-mu. (Janganlah kamu mengikuti dan mengerjakan apa yang tidak kamu pahami, karena sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati akan diminta pertanggung jawaban).

Semoga Allah memberikan karunia kepada kita semua dalam memahami maksud dan tujuan dari setiap petunjuk yang merupakan kehendak-Nya agar kita tak tersesat di dalam menempuh Jalan-NYA...... amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar